Halaman

Kue Maksuba Khas Palembang ala Blue Band

Kue Maksuba merupakan kue khas dari Palembang yang rasanya legit dan manis karena dibuat dengan menggunakan telur bebek yang banyak. Kue ini erupakan kue istimewa yang biasanya hanya disajikan pada Hari Raya Idul Fitri atau dibuat pada saat hari pernikahan.

Kue Maksuba Khas Palembang ala Blue Band


Bahan-bahan:

  • 250 gram Blue Band Cake & Cookie
  • 25 butir telur bebek
  • 500 gram gula pasir (sesuai selera)
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sdm vanilla essence


Cara membuat:

  1. Cairkan Blue Band Cake & Cookie, kemudian sisihkan
  2. Setelahnya, campurkan telur dan gula dengan mixer hingga kedua bahan merata.
  3. Masukkan susu aduk. Masukkan mentega cair dan vanila, aduk merata.
  4. Siapkan loyang uk 20x20 yg sdh diolesi mentega dan kertas baking
  5. Tuang satu sendok sayur adonan, panggang hingga kecoklatan, lalu keluarkan dari oven dan tuangkan lagi adonan.
  6. Lakukan hingga adonan habis.


Tips Penting untuk Membuat Kue Maksuba

Poses pembuatan kue maksuba membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Bahkan dapat dikatakan memiliki tingkat kesulitan tersendiri, karena bentuknya yang menyerupai kue lapis, maka kesulitan pembuatan ini sama dengan pembuatan kue lapis kebanyakan.

Walaupun langkahnya cukup sederhana, tetapi memang dibutuhkan kesabaran lebih untuk mengolah kue lezat ini. Kuncinya terletak pada proses pemanggangan. Membuat kue lapis semacam kue Maksuba yang membutuhkan puluhan telur dapat berakhir menjadi over-baked jika tidak hati-hati.

Bahkan, bisa saja meleleh karena karena belum terlalu matang. Namun, tenang saja, karena terdapat trik dan cara untuk membuat kue Maksuba buatan Anda berhasil. Anda bisa anda mempelajari tips tersebut di bawah ini.

● Olah Mentega dengan Tepat
Cairkan mentega dengan kekentalan yang pas. Pilih mentega yang ada dalam kemasan kaleng, bukan mentega dalam kemasan aluminium foil atau yang terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Mencampur mentega dan telur jangan sekaligus, tetapi lakukan secara bertahap tergantung banyaknya adonan.
● Pilih Telur dengan Keadaan yang Baik
Pilih telur yang segar. Cirinya dari telur segar, yaitu, kuning telurnya utuh dan bagian putih telurnya kental. Saat mengocok telur dengan gula, usahakan kedua bahan dapat tercampur dengan sempurna. telur harus benar-benar dalam keadaan bersih,. karena hal ni ini dapat mempengaruhi hasil akhir kue.
● Lakukan Pemanggangan dengan Cara yang Tepat
Sebelum memanggang, panaskan oven terlebih dahulu. Memanggang adonan kue maksuba sebaiknya dilakukan pada suhu oven yang tinggi. Untuk mematangkan setiap lapisnya, hanya memerlukan waktu lima menit saja. Paka loyang dengan ukuran yang sesuai. Setiap satu lapisan matang, tekan-tekan perlahan, supaya teksturnya tetap empuk.
● Olah Kue dengan Hati-hati
Saat menekan lapisan kue, lakukan dengan lembut, sehingga nanti akan menghasilkan lapisan yang cantik dan sempurna. Apabila muncul gelembung pada saat memanggang adonan, sebaiknya dipecahkan, untuk menghindari penampilan kue yang kurang sempurna. Anda bisa menggunakan tusuk sate untuk memecahkan gelembung tersebut.
● Pastikan Kue Matang dengan Sempurna
Jika Anda melihat beberapa bagian kue masih basah, setelah Anda menyelesaikan lapisan terakhir, panggang saja kue kembali sekitar 7-10 menit dengan suhu yang lebih kecil. Tutup lapisan atas kue dengan aluminium foil, sehingga kue tidak mengering dan menjadi keras. Untuk memastikan semua adonan terjaga dengan baik, taruh adonan yang belum dipanggang jauh dari oven. Dengan cara ini, adonan tersebut tidak akan terkena suhu panas, karena hal ini dapat mempengaruhi tekstur kue nantinya.

Selamat mencoba!

Source : blueband.co.id