Halaman

Resep Rahasia Agar Pare Tidak Pahit Lagi

 

Resep Rahasia Agar Pare Tidak Pahit Lagi


Banyak orang yang tidak suka dengan sayuran pare, karena rasanya yang pahit. Tetapi sayuran dari keluarga mentimun ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat pare diklaim bisa mencegah obesitas, mencegah diabetes, mencegah stroke, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Pare telah diteliti mengandung senyawa seperi kalium, kalsium, zat besi, sodium, mangan, karoten, dan Lutein-zeaxanthin. Semua kandungan dalam pare tentu sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral ini tentunya sangat sayang jika terlewatkan hanya karena rasanya pahit. 

Lagipula rasa pahit sayur hijau itu bisa disamarkan dengan cara pengolahan yang tepat. Anda bisa melakukan cara berikut ini, guna menghilangkan rasa pahit pada pare:

1. Tips Memilih Pare

Pilih pare berukuran sedang, karena semakin besar ukuran pare, maka akan semakin pahit rasanya. Jadi, Anda sebaiknya memilih pare berukuran kecil atau sedang dan tidak terlalu besar.
Pilih pare yang berwarna hijau tua, karena pare yang berwarna lebih muda biasanya sudah hampir matang atau tua dan biasanya rasanya lebih getir.

2. Remas dengan Garam

Setelah memilih pare, Anda tentu perlu mencucinya terlebih dahulu supaya membuang kotoran, bakteri atau zat pestisida pada bagian luarnya. Setelah dicuci bersih, Anda bisa membelah pare menjadi dua bagian. Lalu, buang biji pare dan selaput putih yang menempel pada dagingnya.
Anda bisa mengiris daging pare tipis-tipis, dan taburi garam. Setelah itu, Anda harus meremas-remas pare yang telah dilumuri garam, kemudian bilas dengan air mengalir. Cara ini terkenal ampuh untuk membuang rasa pahit pada pare.

3. Rebus Pare dengan Daun Jambu Biji

Setelah meremas pare dengan garam, Anda bisa merebus pare dengan daun jambu biji selama lima menit. Metode ini mampu membuang sari pahit sayur pare. Rasa sepat pada daun jambu biji akan menetralisir rasa getir pada pare.

4. Kombinasikan dengan Makanan Asin

Pare yang sudah direbus dan diremas-remas sampai layu akan lebih lezat jika dimasak dengan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya kecap asin, ikan, atau kacang yang telah direndam dengan garam.


Berikut ini contoh resep masakan pare agar rasa pahit dari pare berkurang, seperti dirangkum melalui Instagram @eddriantjhia

Bahan:
Daging sapi sliced ⁣
Pare
Bawang putih ⁣
Lada
⁣ Penyedap
⁣ Kecap manis⁣
Campur dengan air secukupnya
⁣Cabai rawit

⁣ ⁣ Cara Membuat:⁣

1. Tumis bawang putih dan rawit, masukkan daging sapi.
2. Aduk rata sampai Berubah warna, masukkan pare, masukkan bumbu yang sudah dicampur air, masak sebentar lalu angkat⁣.