Halaman

Resep Rahasia Bumbu Sate Yang Enak

Resep Rahasia Bumbu Sate Yang Enak

Di Indonesia sate ayam termasuk kuliner favorite, walau banyak resep sate ayam di berbagai daerah tetapi yang paling populer adalah sate ayam Madura. Sate ini terkenal dengan bumbu kacang yang enak gurih dan manis berpadu dengan daging ayam yang empuk.

Untuk mendapatkan rasa sate yang enak ternyata yang paling penting untuk diperhatikan adalah bumbu saus satenya, yang terbuat dari kacang tanah. Saus kacang dalam bubmbu sate sangat berpengaruh dalam memberikan rasa bagi sate yang disajikan. Beberapa tips yang bisa dipakai untuk membuat bumbu sate yang enak :

Salah satu rahasia membuat bumbu sate yang lezat yakni pada pengolahan kacang. Kacang tidak boleh digoreng terlalu gosong. Jika kacang digoreng sampai gosong maka akan memengaruhi rasa bumbu. Kalau proses penggorengannya saja sudah salah, hasilnya akan memengaruhi rasa. Biasanya akan memberikan efek rasa pahit pada bumbum sate.

Kacang yang sudah dihaluskan sebaiknya direbus agar tekstur bumbu bisa kental dan menyatu. Jangan sekadar diaduk dan dicampur dengan air.

Selain bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tambahkan juga bahan tambahan seperti kemiri. Lalu dihaluskan dan ditumis bersama irisan daun jeruk. Setelah itu, tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan, serta bumbu lainnya seperti gula, garam, kecap manis, dan gula merah. Bumbu kacang ini lalu ditambahkan air dan dimasak hingga mengental dan mengeluarkan minyak.

Satu lagi agar sate ayam yang disajikan menjadi lebih enak adalah dengan merendam sate ayam yang sudah ditusuk-tusuk ke dalam bumbu rendam dan dibiarkan selama beberapa saat hingga bumbu meresap. Untuk membuat bumbu perendamnya pun sangat mudah. Anda cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dengan merica bubuk dan bawang putih yang sudah dihaluskan. 

Bumbu rendam ini juga bisa dioleskan kembali saat sate sedang dibakar sehingga sate akan lebih lezat dan harum. Atau kalau mau lebih nikmat gunakan olesan dari minyak ayam yang terbuat dari sisa gorengan kulit ayam.

Nah sekarang Anda sendiri bisa membuat sate ayam yang lezat dan nikmat.