Halaman

Singkong Goreng Merekah

Singkong, bahan makanan sumber karbohidrat dan dapat dijadikan berbagai jenis penganan. Salah satunya adalah singkong goreng, Gorengan yang sangat populer di Indonesia, karena sangat mudah membuatnya. 

Tapi tahukah Bunda cara membuat singkong goreng yang enak, renyah merekah dan lembut. Kalau belum tahu, silahkan ikuti cara berikut untuk membuat cemilan singkong goreng yang enak.

Singkong Goreng Merekah
Foto Instagram @yulichia88

SINGKONG GORENG MEREKAH
By @yulichia88

Bahan:

  • 1 kg singkong kualitas bagus, kupas kulitnya, cuci bersih dan potong potong sesuai selera
  • 5 siung bawang putih halus serta ketumbar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air dingin / air es dari dalm kulkas secukupnya buat merendam singkong
  • Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat:

  1. Kukus singkong sampai empuk kurang lebih 25 menit, tapi tergantung singkongnya juga. Bila sudah terlihat matang dan empuk bisa masuk tahap berikutnya.
  2. Sebelumnya sediakan wadah yang berisi air dingin,lebih baik kalau air es, kemudian tambahkan bumbu seperti garam, ketumbar dan bawang putih halus, test rasa jika sudah pas rasanya masukkan singkong yang baru selesai di kukus dalam keadaan panas ke dalam wadah air es dingin, diamkan singkong hingga merekah dengan sendirinya. Panas singkong dari kukusan yang bercampur air es akan membuat singkong yang sudah lunak menjadi pecah merekah.
  3. Kemudian tiriskan singkong yang sudah merekah, selanjutnya goreng singkong sampai berwarna coklat keemasan atau sampai warnanya cakep
  4. Angkat sajikan singkong yang sudah digoreng.


Selamat menikmati singkong goreng yang luarnya garing dan dalamnya lembut, empuk dan merekah.